semua ilmu gue, gue bagi disini
Bena siapa?

Benazio Rizki Putra. 20 m jkt.
Manusia Blogger Manusia Kribo. Penghibur Dunia Maya.
Beberapa yang gue punya dan gue bikin:
- FOLLOW TUTORIAL BENA - *illustrasi by @Masova
Disini ada tutorial apa?


Semua tutorial yang ga penting dan yang penting, yang orang pengen tau dan gak pengen tau, yang udah pernah dan belom pernah ditulis, semua jadi satu disini! website hit counter
Previous Tutorials!
Tutorial bikin twitter client sendiri!
Tuesday, March 9, 2010 at 11:45 PM

Well, akhirnya gue bikin juga nih, langsung gue jelasin intinya gimana caranya bikin twitter client sendiri.

#1. Punya hostingan.
#2. Ada domain(alamat web/URL)
#3. Upload dabr, edit2 dikit
#4. Registrasi aplikasi di twitter
#5. Nikmati selagi hangat.

"ben sumpah gue ga ngerti apaan tuh hostingan, domain.. gua taunya demian.."
Oke, selow. Gue jelasin pelan-pelan, periperi selow!

#1. Hostingan.
Hostingan itu adalah tempat lo buat nyimpen data. Lebih gampangnya, hostingan itu = Loker. Nah Loker ini tempat lo nyimpen data buat si twitter client ini, bisa juga buat naro foto, file dll.
"gimana cara dapetinnya ben? bayar nggak?"
Nah itu dia masalahnya. Gue udah coba bikin twitter client pake hostingan gratisan, tapi dari beberapa hostingan gratisan yang gue coba, ga ada yang bisa, so in this case, saat ini gue ambil kesimpulan kalo ini cuma bisa dibikin di hostingan beneran atau yang bayar.

Salah satunya bisa beli di qwords.com , dracoola.com, atau dijaminmurah.com.


Hostingan itu bayarnya perbulan, ada yang murah mulai dari 10rb per bulan, lo bisa liat-liat sendiri deh yah.

#2. Domain
Nah domain itu kayak .com / .or.id / .net dll. Itu juga kalian harus beli, tapi bisa juga nyari yang gratisan(ini gue update lagi nanti).

Domain itu kayak Nama si LOKER. Jadi misalnya kayak blog gue, Nama Loker gue itu Benablog.com, dan gue bisa nyimpen data di loker gue itu..

Domain juga bisa di beli di tempat2 yang gue sebut tadi, kalo mo murah ada tuh di dijaminmurah.com, domainnya .web.id itu cuma 30ribu. tapi beli dengan resiko masing-masing yaah~



Yap, itu tadi sekilas tentang Hosting + domain yang harus kalian punya sebelom bikin twitter client. Sekarang lanjut ke masalah upload aplikasinya..

#3. Download dan Upload Dabr.

Dabr itu salah satu mobile twitter client yang OpenSource, which means dia gratis dan bisa kita kembangkan, bisa kita pake gitu lho.

Langsung aja lo download Dabr itu disini: http://code.google.com/p/dabr/downloads/list

Terus lo kesini buat liat Setup Guidenya : http://code.google.com/p/dabr/wiki/SetupGuide

Kalo udah baca-baca, sekarang saatnya kalian Upload Dabr itu ke Loker/Hostingan kalian. Biar bisa upload sekaligus, download program yang namanya TurboFTP disini.


Nah, setelah kalian beli hostingan, kalian pasti dapet email yang isinya informasi tentang hostingan kalian, salah satunya informasi tentang FTP. Gausah peduliin FTP ini apaan, yang jelas nanti kalian dapet USERNAME sama PASSWORD FTP, nah itu kalian pake buat buka loker kalian VIA TurboFTP.

Kalo udah Login, upload Dabr ke Hostingan kalian, tinggal drag aja foldernya kayak gambar ini:

Nah kalo udah, namain config.sample.php jadi config.php. Kalian tinggal klik kanan terus rename aja ngerti lah yaa~

#4. Registrasi Aplikasi di Twitter

Login twitter kalian. terus masuk ke http://twitter.com/apps

Klik Register new application.

Isi formnya mirip2 kayak gambar ini :

Isi 'Application name' sama nama aplikasi yang kalian mau misalnya 'BlackBerak' dll, ini yang bakalan nanti dipake buat 'Via/From XXX' nya.

CallBackURL. Nah ini kalian isi sama alamat dari Dabr yang udah kalian upload tadi di tempat hostingan kalian.

Misalnya domain lo itu : www.blackberak.com, terus kalian upload dabr di folder tweet (www.blackberak.com/tweet), nah berarti Callback URL nya harus kalian isi sama http://www.blackberak.com/tweet.


Nah kalian bakalan dapet 2 Key. Consumer Secret, sama Consumer Key. Itu kalian Copy, dan kalian paste di config.php. Jadi kalian edit si Config.php via TurboFTP, ntar keluar notepad, nah kalian paste si 2 Key tadi di tempat yang udah dikasih tau, kayak gini gambarnya :

ini tampilan pas udah login, lo tinggal drag aja folder dabr ke kanan. jangan lupa bikin folder baru di kanan, misalnya folder tweet. jadi ntar www.blabla.com/tweet

nah ini pas mau ngedit config.php

nah Consumer secret, sama Consumer Key di replace kesitu..

#5. Nikmati Selagi Hangat.

Okay it's done! it shud be working now! Buat login, kalian pilih yang Sign in with OAuth yah :)

"susah ben gue ga ngerti lo ngomong apa"
Nah itu dia makanya. Susah juga gue jelasinnya, jadi ya pake aja dulu apa yang ada di tweet.bajubenar.com :D

THE END

Labels: ,

Comments (23)